Mendorong Pengelolaan Keuangan Desa Berbasis Tata Pemerintahan yang Baik

Penyampaian Materi. Salah satu kesibukan Inspektorat memberikan pelatihan Manajemen Pemerintahan Desa di Desa Baluk, Kec. Karangrejo, Magetan, Selasa (10/04/2018)

 

Semenjak digulirkannya Dana Desa, Inspektur Kab. Magetan (Mei Sugiartini) mencatat bahwa permintaan kepada Inspektorat Kab. Magetan untuk memberikan asistensi dan konsultasi dari pihak Pemerintah Desa semakin bertambah setiap tahunnya. “Ini menunjukkan bahwa pola pikir atau mindset aparatur pemerintah desa sudah mulai terbuka, dan mengharapkan kepada pihak-pihak berkompeten untuk membantunya dalam mempercepat peningkatan kemampuan manajerial teknis pengelolaan dana desa yang dikucurkan tidak sedikit jumlahnya,” ungkap Inspektur Kab. Magetan itu dalam acara staff meeting internal Inspektorat,  Selasa (10/4/2018).

Ditambahkannya, setidaknya ada beberapa elemen penting terkait pengelolaan keuangan desa berbasis Tata Pemerintahan yang Baik (Good Governance),  yaitu dari dimensi sistem : berupa regulasi yang lengkap/jelas dan pengawasan yang efektif dan menyeluruh serta dari dimensi SDM : berupa kompetensi kepala desa/perangkat desa dlm hal manajerial teknis dan kompetensi pendamping desa.  “Empat hal itu yang perlu menjadi concern kita bersama, agar hal-hal yang tidak diinginkan menimpa aparat desa, utamanya menjadi sebuah kasus hukum,” imbuhnya.

Dalam kesempatan lain disampaikan, sesuai amanat pasal 48 Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2008 tentang Sistem Pengendalian Internal Pemerintah (SPIP), pengawasan intern itu dilakukan dengan kegiatan Audit, Reviu, Evaluasi, dan Pemantauan. “Tapi selain itu juga ada bentuk pengawasan lainnya berupa pemberian pelatihan, sosialisasi, asistensi, konsultasi dan lain-lain,” jelasnya kemudian. Maka dari itu, atas hal tersebut pihaknya membuka pintu yang seluas-luasnya, bagi Pemerintah Desa jika memerlukan bantuan narasumber pelatihan, sebagai bentuk pelayanan kelembagaan Inspektorat. Saat ini telah banyak permintaan Nara sumber ke Inspektorat dari Desa – Desa terkait dengan Tata Kelola Keuangan desa dan Padat Karya Tunai (PKT) terkait dengan Surat Keputusan Bersama 4 Menteri    “Selain itu kami berharap dengan diadakannya pelatihan itu, Tata Pemerintahan yang Baik secara bertahap dan pasti dapat diterapkan di tataran Desa,” tandasnya.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Enter Captcha Here : *

Reload Image