Bertempat di hotel  Nirwana Sarangan Kabupaten Magetan Inspektorat Magetan mengadakan Bimbingan Teknis Audit berbasis Risiko dan Analisa Pemecahan Masalah. Kegiatan dilaksanakan selama 4 hari dari tanggal 26 s.d 29 Desember 2018, dengan nara sumber dari Badan Diklat PKN BPK RI yaitu Bapak Dr. R. Bramantyo SE, MM.

Tujuan pembelajaran Audit Berbasis Risiko agar peserta bimbingan teknis dapat

  1. Memahami definisi dan tujuan Audit Berbasis Risiko
  2. Memahami konsep risiko, bukti dan materialitas
  3. Memahami risiko bawaan, risiko pengendalian, risiko deteksi dan risiko audit
  4. Menerapkan Audit berbasis risiko dalam pemeriksaan

Sedangkan tujuan pembelajaran analisa pemecahan masalah diharapkan mampu menjelaskan proses berpikir dalam pemecahan masalah dan pengambilan keputusan.

Model kegiatan pembelajaran bimbingan teknis  adalah dengan metode teori dan latihan

Kegiatan ini di buka oleh Inspektur Kabupaten Magetan , dalam sambutannya Inspektur Kabupaten Magetan mengatakan tujuan dari diselenggaranya bimbingan teknis ini adalah secara umum agar semua dapat memahami konsep konteks risiko dalam suatu manajemen / organisasi / OPD dan secara khusus memberikan pemahaman tentang risiko yang nantinya dapat diterapkan pada perencanaan audit tahunan serta bagi auditor bermanfaat sekaligus menjadi pedoman dalam penugasan audit berupa melakukan identifikasi terhadap wilayah / area yang memiliki risiko yang menghambat capaian tujuan OPD, .

Seiring kondisi saat ini dimana APIP dituntut untuk independen serta obyektif dan lebih berperan aktif dalam mengawal pencapaian tujuan penyelenggaraan pemerintahan maka tanggung jawab yang diberikan kepada APIP tidaklah ringan maka dibutuhkan integritas, komitmen serta profesionalitas dalam menjalankan tugas – tugas Pembinaan dan pengawasan.

Upaya – upaya Inspektorat yang telah dan sedang berjalan saat ini dapat dikatakan sebagai pembuka

jalan menuju APIP yang berintegritas, berkomitmen serta profesional menuju good and clean governtment  dan salah satu implementasinya adalah terselenggaranya Bimtek ini.

Inspektur juga mengharapkan agar bimtek ini dapat dijadikan pedoman dan nilai tambah bagi auditor saat pelaksanaan tugas pengawasan sehingga auditor mampu dan lebih fokus dalam mengidentifikasi persoalan sekaligus memberikan solusi sehingga kehadiran APIP dapat dirasakan dan bermanfaat bagi tercapainya tujuan organisasi.

Kategori: Berita

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *